Connect with us

Kopi Ketan

Pemilu Tanpa DPT, Sebuah Keniscayaan Era Milenial

Diterbitkan

||

Pemilu Tanpa DPT, Sebuah Keniscayaan Era Milenial
3 of 3Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Maka seharusnya Pemilu tanpa DPT pun bisa diselenggarakan. Menurut saya, sudah menjadi sebuah keniscayaan, karena bisa menghemat waktu dan anggaran negara. Negara tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran untuk PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) atau Pantarlih (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih), anggaran verfak, anggaran rapat pleno DPS, DPSHP,DPT, DPTb dan DPK. Teknis memang harus mengubah UU Pemilu Nomer 7 Tahun 2017dan menghapus semua pasal tentang penyusunan DPS dan DPT.

Sulit? Tidak juga. Karena UU adalah tupoksi DPR RIyang menyusunnya. Jika anggota dewan benar-benar mempunyai semangat penghematan uang negara, ini juga sebuah keniscayaan. Maka tidak akan terbit pula PKPU tentang pemutakhiran data pemilih. KPU cukup membuat PKPU yang mengatur pemilih adalahWNI yang berusia 17 tahun ke atas dan dibuktikan dengan KTP el atau suratketerangan bagi WNI yang belum memiliki KTP el.

Surat suara pun dicetak berdasarkan jumlah penduduksebuah kab/kota yang berusia 17 tahun ke atas ditambah 2 persen untuk suratsuara cadangan. Surat suara dicetak tidak lagi berlama-lama menunggu DPTditetapkan. KPPS tak perlu lagi menyebarkan form C.6. Pemberitahuan ke pemilih.Karena pemilih cukup menunjukkan KTP el ke KPPS. Karena faktanya, saat ini,meski ada DPT, pemilih yang lupa bawa form C.6 bisa menggunakan hak pilihnyadengan menunjukkan KTP el. Maka tak ada lagi pemilih DPK (Daftar PemilihKhusus) yang tidak tercatat dalam DPT. Demikian juga dengan pemilih pindahpilih yang masuk DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) tidak harus terdaftar dalam DPTbaru bisa mendapatkan form A.5. Pemilih pindah pilih cukup mendatangi PPS, melaporkan diri dengan membawa KTP el dimasukkan DPTb dan ditentukan TPS nya.(*)

 

* Penulis:

Januar Triwahyudi

Ketua Panwascam Blimbing Pilkada 2008

Ketua Panwascam Blimbing Pileg 2009

Ketua Panwascam Blimbing Pilpres 2010

Ketua Panwascam Blimbing Pilkada 2013

Ketua Panwascam Blimbing Pileg 2014

Ketua Panwaskota Malang 2014-2015

PPK Blimbing Pilkada 2018

PPK Blimbing Pemilu 2019

 

3 of 3Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending